Tokoh Intelektual Muslim Indonesia dan Kontribusinya

Tokoh Intelektual Muslim Indonesia dan Kontribusinya – Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia telah banyak melahirkan para intelektual dancendekiawan. Karya-karya dan kontribusi mereka terbukti ikut membangun peradaban bangsa dan ikut melaksanakan perdamaian dunia.

Berikut ini merupakan beberapa tokoh intelektual dan cendekiawan muslim Indonesia yang memiliki kontribusi yang berarti.
– KH Ahmad Dahlan
Ia lahir di daerah Kauman, Yogyakarta pada 1 Agustus 1868 dengan nama kecil yaitu Muhammad Darwis. Ia dilahirkan dari seorang ayah yang merupakakn seorang khatib masjid Kesultanan Yogyakarta dan seorang ibu yang merupakan seorang penghulu. Sejak kecil, ia sudah mendapatkan pendidikan pesantren dan bahasa Arab. Pada saat usia Dahlan menginjak 15 tahun, ia pindah dan menetap di kota Mekah, Arab Saudi. Sejak saat itu, ia terpengaruh dengan pemikiran para pembaharu islam. Ia mulai bergerak untuk melakukan perubahan, dimulai dengan mengubah arah kiblat. Ia juga merupakan pendiri dari salah satu organisasi keislaman di Indonesia, yaitu Muhammadiyah. Organisasi yang didirikan pada 18 November 1912 ini menurut KH Ahmad Dahlan memiliki tujuan yaitu menyebarkan pengajaran Nabi Muhammad SAW kepada penduduk bumiputera dan memajukan nilai-nilai agama Islam kepada seluruh anggotanya. Ia mendirikan Muhammadiyah di Kauman, Yogyakarta. Selain bergerak di bidang agama, Muhammadiyah yang juga merupakan organisasi kemasyarakatan bergerak di bidang kesehatan dan ekonomi. ia wafat pada 23 Februari 1923 di Yogyakarta dan dimakamkan di Larang Kuncen, Yogyakarta. Kontribusnya mendirikan Muhammadiyah sangat signifikan. Muhammadiyah, sebagai salah satu organisasi keislaman terbesar yang mempromosikan toleransi merupakan karya terbesar Ahmad Dahlan.

– Cak Nur
Tokoh selanjutnya adalah Nurcholish Majid atau yang sering akrab disapa Cak Nur. Tokoh ini merupakan salah satu tokoh yang gencar melakukan pembaharuan Islam. Banyak kalangan yang menilai pemikiran Cak Nur berbahaya karena pekenakan akan pentingnya pembaharuan di dalam ajaran islam yang lebih mengikuti konteks jaman. Salah satu karya beliau yang menjadi dasar lahirnya perdebatan mengenai pemikiran Cak Nur adalah dengan terbitnya sebuah artikel yang berjudul “Keharusan Pembaruan Islam dan Masalah Integrasi Umat Islam”. Artikel ini terbit pada tanggal 2 Januari 1970 dan bisa anda baca melalui situs http://104.145.231.244. Ia menampilkan istilah yang cukup sensitif di dalam dunia islam, yaitu sekularisasi dan liberalisasi. Karena adanya kedua istilah tersebut, ia selalu dicap negatif. Tidak jarang, pemirikan beliau dianggap sebagai “musuh di dalam selimut’ karena keinginan beliau untuk menghancurkan islam dari dalam menurut beberapa kaum konservatif. Memang perlu sikap kehati-hatian dalam membaca tulisan dan pola pikir Cak Nur. Menurut Cak Nur, melalui gagasannya, sangat diperlukan pembaharuan di dalam islam demi mengejar ketertinggalan peradaban islam dari peradaban umat agama lain. Besarnya kontribusi beliau dalam melakukan pembaharuan menjadikan beliau disandingkan dengan tokoh pembaharuan dan filsuf yang pernah lahir di Eropa.

– Gus Dur
Tokoh selanjutnya adalah Gus Dur. Beliau memiliki nama asli KH Abdurahman Wahid. Ia dilahirkan di kota Jombang, 4 Agustus 1940. Sejak kecil, Gus Dur merupakan sosok yang cerdas. Ia berhasil memenangkan kompetisi menulis se-Jakarta saat ia masih duduk di bangku sekolah dasar. Keberhasilannya menulis membuktikan bahwa Gus Dur mempunyai bakat dalam menuangkan ide-idenya. Tokoh lulusan Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir ini memiliki beberapa kontribusi, di antaranya adalah menjadikan tahun baru imlek sebagai salah satu hari raya besar di Indonesia. ia juga menjadikan agama Kong Hu Cu sebagai salah satu agama resmi di Indonesia. Kontribusinya yang mengedepankan toleransi menjadikan beliau salah satu tokoh muslim terpenting yang dimiliki Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!